Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari Anda pasti pernah mengalami sakit perut. Kondisi ini akan lebih parah jika mengalami rasa sakit bersamaan dengan gejala kram, mual, dan diare sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Sakit perut yang tidak segera ditangani akan menjadi parah bila ada infeksi dari bakteri atau virus.

Namun, tahukah Anda bahwa makanan tertentu sebenarnya bisa membantu meringankan rasa sakit perut? Berikut ini beberapa makanan yang mampu meredakan rasa sakit perut seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (20/9/2017).

1. Pisang

Pisang mudah dicerna dan membantu meredakan sakit perut. Buah ini mengandung pektin yang membantu gerakan usus secara alami.

2. Pepaya

Pepaya membantu pencernaan dan memudahkan pencernaan. Kandungan enzim papain dan chymopapain akan membantu memecah protein. Zat yang terkandung dalam pepaya akan memberikan lingkungan asam yang sehat pada perut.

3. Beras Putih

Bila perut sakit, Anda perlu mengonsumsi makanan seperti nasi, roti panggang, atau kentang rebus. Makanan ini membantu atasi diare yang Anda alami dengan menyerap cairan dan dikeluarkan bersama tinja.

4. Jahe

Jahe adalah obat antimual dan akan meningkatkan kesehatan pencernaan. Anda bisa membuat minuman jahe sendiri dengan takaran 4 gram jahe setiap hari untuk mencegah sakit perut. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk meredakan perut yang sakit.

5. Teh Herbal

Teh peppermint dan teh chamomile dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit perut. Peppermint akan mengaktifkan bagian anti-nyeri di usus besar. Ini akan meringankan rasa sakit akibat Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan membantu mengatasi rasa mual.

6. Yogurt

Yogurt dengan kandungan aktifnya mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus, membantu pencernaan dan mengurangi kembung.

Quana Brown, berusia 34 tahun mengalami sakit yang luar biasa pascaoperasi pengecilan perut.

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://health.liputan6.com/read/3101298/6-makanan-terbaik-untuk-meringankan-sakit-perut