Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem dengan didukung Dinkes Provinsi Bali telah menyiapkan tim bantuan medis yang akan melayani pengungsi jika nanti terjadi erupsi Gunung Agung.

“Tim bantuan medis ini bertugas menyesuaikan tempatnya dengan posko pengungsian yang dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karangasem,” kata dr. Ketut Suarjaya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, di Denpasar, seperti dilansir dari Antaranews pada Rabu (20/9/2017).

Tim bantuan medis yang akan diterjunkan untuk setiap posko pengungsian terdiri dari unsur dokter, perawat, bidan, tenaga farmasi, dan petugas kesehatan lingkungan. Mereka akan ditugaskan bergilir selama 24 jam.

“Tim ini merupakan tim dari puskesmas setempat yang ditugaskan standby di pos pengungsian dan nantinya akan didukung oleh tim kesehatan dari kabupaten lain maupun dari provinsi, jika dirasa kewalahan melayani lonjakan jumlah pengungsi,” ujar Suarjaya.

Dia menambahkan, di samping tim bantuan medis itu dari kabupaten setempat, Dinkes Provinsi Bali juga telah menyiapkan tim reaksi cepat yang akan memberikan “assessment” terkait kondisi kesehatan pengungsi apakah perlu dirujuk ke rumah sakit ataukah langsung diobati di tempat.

“Untuk tim bantuan medis ini sudah langsung diterjunkan ketika ada pengungsi beberapa hari lalu, saat peningkatan status vulkanik Gunung Agung dari level Waspada ke Siaga,” ucapnya.

Namun, ke depan, tim bantuan medis akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kalau tidak ada pengungsi, maka tim akan ditarik bertugas ke puskesmas masing-masing.

Selain dari sisi tim medis, obat-obatan dan masker juga sudah disiapkan, bahkan masker dari Dinkes Provinsi Bali sejumlah 190 ribu sudah disebarkan.

“Intinya, kami sudah siap dari sisi kesehatan, untuk segala kemungkinan baik dari kesiapsiagaan dan tanggap darurat jika terjadi erupsi gunung tertinggi di Bali itu,” kata Suarjaya.

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://health.liputan6.com/read/3101484/antisipasi-erupsi-gunung-agung-dinkes-siapkan-tim-bantuan-medis