Liputan6.com, Jakarta Penelitian yang baru dipublikasikan di Jurnal Computers in Human Behavior menemukan bahwa semakin banyak teman yang Anda miliki di media sosial Facebook, semakin besar juga kemungkinan Anda terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan media sosial dengan masalah kesehatan mental yang lebih besar seperti kegelisahan dan depresi. Para peneliti meyakini bahwa hubungannya dengan kesehatan mental juga bisa berujung pada masalah kesehatan fisik, demikian laporan Medical Daily, seperti dilansir dari Refinery29, Kamis (21/9/2017).

Para peneliti Regis University di Colorado meminta 89 mahasiswa yang sehat untuk mengisi survei seputar kesehatan dan penggunaan Facebook mereka. Setelah melihat keadaan para mahasiswa tersebut selama 10 minggu, terpantau ada gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Hasilnya mengejutkan. Ada dua siswa yang memiliki jumlah pertemanan lebih banyak di Facebook. Mereka mengakui merasa cemas saat berada di Facebook, lebih rentan terkena infeksi.

Penting untuk diketahui bahwa studi terhadap 89 orang tersebut membuktikan bahwa penggunaan Facebook menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Namun, hubungan antara kecemasan bermain media sosial dan masalah pernapasan memang menarik.

Ini adalah hubungan yang telah terjalin dalam penelitian sebelumnya. Jadi tidak sulit untuk memercayai bahwa media sosial dapat menimbulkan kecemasan yang kemudian berlanjut memicu masalah pernapasan. 

Saksikan juga video berikut ini: 

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://health.liputan6.com/read/3102345/banyak-pengikut-di-media-sosial-bisa-ganggu-saluran-pernapasan