Seringkali anak yang mengidap penyakit atau kondisi langka tertentu mengalami kesulitan beradaptasi dan memiliki rasa minder. Pada akhirnya, hal ini akan menyulitkan anak untuk menjalani kesehariannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh keluarga, dilansir dari laman Parenting.

1. Dukungan

Hal terpenting bagi anak yang mengalami penyakit atau kondisi langka adalah dukungan dari orang terdekat. Buatkan komunitas dari keluarga dan teman untuk membantu mendukung sang anak. Peran orangtua untuk melakukan hal ini sangatlah membantu anak untuk tetap percaya diri.

“Anak tidak membutuhkan simpati, melainkan dukungan dari keluarga, teman, guru dan lingkungan,” ucap Erica, seorang kakak dari penderita penyakit kronis.

Dukungan akan membantu anak untuk bersosialisasi dan membuatnya tidak merasa sendirian.

2. Pendidikan

Secara aktif mencari informasi untuk memahami penyakit untuk membantu penyembuhan merupakan hal penting. Pantau dan catat perkembangan anak untuk didiskusikan kepada dokter. Selain itu, tanyakan apa pun yang ingin ditanyakan agar memahami kondisi anak secara menyeluruh.

3. Perhatian

Perhatian merupakan hal penting bagi anak dengan kondisi khusus agar tidak merasa diabaikan. Dengarkan anak secara verbal maupun nonverbal dan bantu dia menunjukkan apa yang dia rasakan. Jadilah orangtua yang terbuka, jujur dan mendukung.

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://health.liputan6.com/read/3103669/bocah-ini-tetap-ceria-meski-jantungnya-di-luar-tubuh