Walau hubungan antara buang air besar dan berkurangnya berat badan itu kecil, ada satu aspek hubungan yang bisa Anda manfaatkan.

“Mengonsumsi diet yang tinggi serat akan membuat buang air besar lebih teratur. Hal ini juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan,” ujar Brigitte zeitlin, M.P.H., R.D., ahli nutrisi dari B Nutritious.

Mengonsumsi cukup serat dalam sehari akan membantu mendorong makanan di dalam sistem pencernaan. Hal ini bisa membantu mencegah konstipasi.

“Hal ini bisa menstimulasi saluran pencernaan untuk bergerak,” beritahu Zeitlin.

Terlebih lagi, diet tinggi serat bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker, terutama di usus besar yang bantu meregulasi gula darah dan menurunkan kolesterol.

“Serat bisa ditemukan di dalam tiga hal: buah, sayuran, dan gandum utuh,” terang Zeitlin.

“Jika Anda memasukkan serat ke dalam setiap makanan dan camilan, Anda akan memastikan mengonsumsi serat untuk membantu mengurangi berat badan dan menjalani pola makan sehat. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengeluarkan bahan-bahan lain yang kurang sehat,” tutupnya.

Saat duduk maupun jongkok di toilet untuk buang air besar (BAB) baiknya maksimal hanya 15 menit saja. Jika terlalu lama malah bisa membahayakan pembuluh darah di sekitar anus.

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://health.liputan6.com/read/3101352/hubungan-antara-buang-air-besar-dan-berat-badan