Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki letak jerawat yang berbeda-beda. Sebagian orang mengeluh jerawat yang tersebar di wilayah pipi, sedangkan lainnya mengeluh memiliki jerawat di wilayah dahi. Ternyata, letak jerawat bisa mengungkap kondisi kesehatan seseorang.

Mengutip laman Step to Health, Rabu (27/9/2017), meski jerawat memiliki penyebab yang berbeda, namun jerawat juga bisa menunjukkan gejala berbagai penyakit.

Seringkali jerawat terjadi karena kurang cukupnya perawatan kulit atau kelebihan minyak pada kulit. Namun, jerawat ini juga bisa mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang lain terjadi di dalam tubuh kita.

1. Jerawat yang terletak di area dagu, ujung rahang, dan leher

Jerawat di dagu, rahang, atau leher bisa mengindikasikan bahwa Anda sedang atau akan segera menstruasi. Seringkali ini terjadi selama siklus hormonal pada periode menstruasi. Hal ini disebabkan kelenjar menghasilkan lebih banyak minyak dan ini bisa menyumbat pori-pori.

Cara terbaik untuk mengobati ini adalah dengan menerapkan perawatan anti jerawat ke daerah yang terkena, sebaiknya obati sebelum periode menstruasi. Jika masalahnya menjadi kronis, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sehingga mendapatkan pengobatan tepat.

2. Komedo atau jerawat di garis rambut

Jika Anda memiliki jerawat di wilayah ini, mungkin saja Anda memakai produk rambut terlalu dekat dengan kulit atau Anda telah menyentuh area ini dengan tangan kotor. Hal ini terjadi karena jenis produk ini mengandung bahan yang bisa menyumbat pori-pori sehingga menghasilkan jerawat dan benjolan.

Solusinya, kurangi penggunaan jenis produk ini dan lebih berhati-hati saat Anda ingin menerapkannya dan hindari kontak langsung dengan kulit.

3. Jerawat di pipi

Dalam kebanyakan kasus ini disebabkan oleh beberapa bentuk bakteri atau kotoran. Bakteri atau polutan ini bisa berasal dari tangan Anda atau bahkan telefon Anda. Untuk mencegahnya, cuci tangan Anda sesering mungkin atau gunakan beberapa jenis gel anti bakteri untuk membuatnya tetap bersih.

Penting juga untuk sering membersihkan telefon Anda, karena percaya atau tidak, penelitian telah menunjukkan bahwa telefon selular bisa memiliki lebih banyak mikroorganisme dibandingkan toilet umum.

Saksikan video menarik berikut:

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://m.liputan6.com/health/read/3108633/ketahui-masalah-kesehatan-seseorang-dari-letak-jerawat