Liputan6.com, Jakarta Bentuknya yang kecil menjadi faktor kurang pedulinya kita terhadap kebersihan spons cuci piring di rumah Anda. Spons menjadi solusi untuk membersihkan setiap kotoran yang ada di dapur hanya dengan sekali usap.

Tidak salah bila sebuah penelitian seperti yang ditulis di New York Times, menyatakan bahwa spons adalah tempat berkumpulnya paket komplet bakteri-bakteri yang bisa membahayakan kesehatan Anda bila kita tidak mempedulikan kebersihannya. Spons dikatakan menjadi mediator yang sempurna bagi bakteri-bakteri yang berkumpul di dapur.

Bakteri yang terdapat di spons bernama Moraxella Osloensis, jenis bakteri yang sebenarnya termasuk bakteri biasa dan tidak membahayakan. Bagi orang sehat, bakteri ini tidak akan langsung membuat orang sakit. Namun, bagi seseorang yang mempunyai imunitas rendah, hal ini bisa membahayakan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti spons cuci piring sesering mungkin, karena spons bersifat “susah dibersihkan”.

Dapur, menurut penelitian Kansas State University adalah tempat terjadinya penularan bibit penyakit dari berbagai faktor yang dipermudah karena spons yang kotor, entah itu dari daging, sayuran, susu, bahkan orang yang berada di dapur.

Untuk menghindari semakin mudahnya spons mempengaruhi kesehatan Anda, jangan gunakan spons untuk membersihkan daging mentah, kotoran yang terdapat di buah-buahan dan sayuran, peralatan bekas susu yang tidak dipasteurisasi, atau muntahan hewan peliharaan Anda. 

Saksikan juga video berikut ini: 

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://health.liputan6.com/read/3102393/pentingnya-membersihkan-spons-cuci-piring-anda