Liputan6.com, Bandung Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin kembali menangani bayi kembar siam conjoined throakoomphalophagus. Kali ini bayi kembar siam itu bernama Candra Supriatna dan Canda Supriadi warga asal Kampung Pasirkunci, Desa Cipanjalu, Kelurahan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

“Kami ingin menginformasikan bahwa kita masih merawat bayi kembar siam dengan orangtua Lili (34) dan Wasmini (32) asal Cilengkrang. Bayinya sudah dirawat dua bulan setengah,” kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Hasan Sadikin, Nucki Nursamsi, Rabu, 20 September 2017.

Candra dan Canda merupakan bayi kembar siam rujukan RSUD Soreang sebelum akhirnya dirawat di RSUP Hasan Sadikin. Tubuh keduanya menyatu di bagian dada dan bagian perut. Namun, jantung keduanya terpisah dengan rongga jantung yang lengkap.

Sementara berat badan keduanya mencapai 6,2 kilogram. Hanya saja, keduanya mengalami permasalahan jalan napas. “Karena itu keduanya dirawat di ruang intensif dengan bantuan alat napas,” tambah Nucki.

Pihak rumah sakit juga telah memberikan tindakan rontgen toraks, USG whole abnomen dan cardiac, echocardiography, ultraonografi kepala, dan pemeriksaan laboratorium.

“Jika diizinkan akan kita usahakan lakukan tindakan pemisahaan saat usia sekitar satu tahun,” terangnya. 

Saksikan juga video berikut: 

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://health.liputan6.com/read/3102409/rsup-hasan-sadikin-tangani-kembar-siam-dempet-dada-dan-perut