Liputan6.com, Jakarta Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendukung langkah Indonesia dalam melakukan simulasi pandemi influenza. Dukungan yang diberikan meliputi bantuan teknis dan logistik.

Tak hanya memberi dukungan, WHO juga mengapresiasi langkah Indonesia dalam mengantisipasi ancaman kesehatan seperti flu burung.

“Upaya Indonesia untuk kesiapsiagaan kedaruratan adalah upaya yang patut mendapat penghargaan dan menjadi contoh bagi suatu negara dalam memperkuat kesiapan dan penanggulangan ancaman kesehatan, terutama sebuah pandemi influenza,” ucap Kepala Perwakilan WHO untuk Indonesia, Dr. Vinod Bura.

Menurut WHO, simulasi pandemi influenza yang dilakukan Indonesia merupakan tindakan komprehensif dan terkoordinasi karena menyertakan berbagai unsur.

“Dengan menyertakan unsur termasuk masyarakat, hal ini menjadi kunci kesiapsiagaan (Indonesia) menghadapi kedaruratan seperti pandemi influenza,” lanjutnya.

Dia juga menjelaskan simulasi tersebut tidak hanya menguji kemampuan negara tapi juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi kesenjangan. Tujuannya agar dapat ditentukan langkah perbaikan dan peningkatan kesiapsiagaan untuk mitigasi risiko. Juga sebagai upaya tanggap darurat kesehatan masyarakat, yang menimbulkan dampak nasional maupun internasional.

Dalam latihan simulasi ini, beberapa perwakilan WHO di Indonesia turut serta mengikuti jalannya simulasi. Nantinya akan dinilai sejauh mana kesiapan Indonesia dalam mengantisipasi pandemi influenza.

Penularan virus influenza sangat mudah terjadi. Hanya dengan percikan ludah saat bersin lewat udara, orang yang sehat bisa tertular flu. Terlebih ketika ada anggota keluarga di rumah yang terkena flu, potensi anggota keluarga tertular pun besar.

Isi dan Hak Cipta sepenuhnya milik sumber berita atau penulis.
Sumber : http://health.liputan6.com/read/3102090/who-puji-indonesia-lakukan-simulasi-pandemi-influenza